Rabu, 27 Mei 2015

Peran Mahasiswa untuk mensukseskan "Tridharma Pendidikan"

Perguruan tinggi merupakan salah satu subsistem pendidikan nasional. Perguruan Tinggi juga sebagai lembaga pendidikan jenjang terakhir dari hirarki pendidikan formal mempunyai tiga misi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat atau lebih dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tiga misi yang diemban tersebut bukanlah misi yang mudah untuk direalisasikan. Kita semua terutama sebagai mahasiswa harus turut andil didalam perealisasian ketiga misi tersebut. akan tetapi universitas juga sangat berperan penting dalam posisi sebagai lembaga kajian dan lembaga layanan maka Perguruan Tinggi berfungsi sebagai sarana pembangunan masyarakat baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Saat ini kesadaran mahasiswa akan tanggung jawabnya dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin menurun. Tri dharma perguruan tinggi sebagai salah satu pondasi dan dasar tanggung jawab yang dipanggul mahasiswa (sebagai bagian dari perguruan tinggi) harus dikembangkan secara baik dan bersama-sama. Dengan kondisi Indonesia yang mulai memprihatinkan, sebagai mahasiswa baru perlu mengetahui dan menyadari salah satu pedoman untuk  melaksanakan tanggung jawabnya dalam rangka menjawab tantangan negara dan bangsa Indonesia di masa depan.
Sebagai contoh tidak diterapkannya Pancasila dalam lingkungan kampus yaitu :
a. Hilangnya nilai-nilai agama yang bisa dilihat dari pergaulan yang semakin bebas, seiring dengan masuknya kebudayaan-kebudayaan barat yang tidak sesuai dengan norma-norma agama. Kehancuran moral mereka otomatis akan mempengaruhi  prestasi mereka.
b. Ketika mahasiswa melakukan demonstrasi untuk mengeluarkan aspirasinya, pasti berujung pada kerusuhan dengan aparat yang mengamankan demonstrasi, bahkan tidak jarang demonstrasi menimbulakan korban jiwa. Mereka tidak mengedepankan musyawarah untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
c. Lulusan dari perguruan tinggi banyak yang melakukan hal-hal yang tidak mencerminkan nilai-nilai dari pancasila, seperti pejabat-pejabat yang banyak melakukan korupsi yang pada ujungnya tidak membangun masyarakat menjadi lebih maju namun menyengsarakan rakyat. Bahkan pejabat yang mengerti hukum sekalipun, ada yang tidak melaksanakan kewajiban yang seharusnya. Hal itu mungkin terjadi karena pada saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, tidak menjadikan pancasila sebagai dasar dari tingkah lakunya.

Peran mahasiswa yang pertama adalah sebagai Agent of Change yaitu agen perubahan. Mahasiswa diharuskan agar dapat membawa perubahan yang bermanfaat bagi masyarakatnya. Dengan adanya perubahan ini maka masyarakat tidak akan terjebak dalam kehidupan yang tidak berkembang. Bahkan mahasiswa telah membuat perubahan besar dalam sejarah bangsa Indonesia dengan jatuhnya sebuah rezim pemerintahan. Dengan contoh ini, maka dapat diketahui bahwa sesungguhnya mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan yang manfaatnya akan sangat besar untuk masyarakat. untuk itu sangat diharapkan mahasiswa dapat menjadi panutan dan contoh untuk masyarakat menjadi lebih baik lagi. Dan mahasiswa juga harus benar-benar disaring atau ditempatkan/diletakkan dan dimanfaatkan sesuai bidangnya masing-masing. Dengan pemanfaatan diri sesuai bidang masing-masing, maka diharapkan akan adanya keteraturan dalam kehidupan masyarakat.

Mahasiswa juga harus punya moral dan akhlaknya yang baik dan beradab sesuai norma-norma yang berlaku diharapkan dapat menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat di sekitarnya. Dengan berperannya mahasiswa dalam hal ini, perbaikan moral bangsa menjadi lebih baik pun akan dapat dicapai. dan tidak adalagi yang namanya ketimpangan sosial dan pelanggaran norma norma yang terjadi di masyarakat.


Mahasiswa adalah penentu dari kemajuan atau kemerosotan bangsa, memberikan makna bahwa kita sebagai mahasiswa harus meninggalkan semua perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang mahasiswa, apalagi kita dituntut untuk bisa mewujudkan ketiga poin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Tri Darma Perguruan Tinggi juga akan terwujud jika kita melandaskan semua perbuatan kita berdasarkan Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar